Jumat, 15 Februari 2013

PEMERINTAHAN 2011



Sruktur Administratif
Seperti kabupaten lainnya di Provinsi Bali, secara administratif, Kabupaten Karangasem terbagi menjadi delapan kecamatan yang masing-masing kecamatan ini dipimpin oleh seorang Camat. Struktur yang lebih rendah adalah Lurah/Kepala Desa yang memimpin di tingkat Kelurahan/Desa, Kepala Lingkungan yang memimpin di tingkat lingkungan, serta Kepala Dusun yang memimpin suatu Banjar Dinas.

Dalam satu desa administratif bisa terdapat beberapa desa adat. Hal ini kaitannya dengan historis, dimana desa adat sudah ada sejak zaman kerajaan sementara desa administratif dibentuk oleh pemerintah setelah berakhirnya era kerajaan.

Selain Banjar Dinas, terdapat pula Banjar Adat dimana suatu Banjar Dinas bisa terdiri dari beberapa Banjar Adat. Perbedaannya tampak dari hal-hal yang ditangani kedua banjar ini, dimana Banjar Dinas menangani hal-hal yang bersifat resmi pemerintahan seperti surat-surat kependudukan, sedangkan banjar adat menangani hal-hal yang bersifat gotong royong adat, seperti gotong royong bila ada upacara adat.

Politik
Hasil Pemilihan Umum (Pemilu 2009) menetapkan jumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Karangasem sebanyak 40 orang yang didominasi oleh Fraksi PDI Perjuangan, yakni sebanyak 29,45 persen. Selama tahun 2010, DPRD Kabupaten Karangasem telah menghasilkan 44 buah produk hukum yang meliputi 14 buah Peraturan Daerah, 18 buah Keputusan Dewan, 2 buah Keputusan Pimpinan dewan, serta 10 buah Persetujuan/Rekomendasi.

Aparat Pemerintah Daerah
Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Karangasem tahun 2010, jumlah PNS yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem sebanyak 7.894 orang, dengan komposisi laki-laki sebanyak 4.957 orang (62,8 persen) dan perempuan sebanyak 2.937 orang (37,2 persen).
Ditinjau dari tingkat pendidikannya, sebagian besar (32,44 persen) PNS di Karangasem berpendidikan Akademi/Sarjana Muda. Sementara PNS dengan pendidikan Sarjana/Doktor/Ph.D hanya sebesar 1,36 persen. Sedangkan yang berpendidikan SD hanya 1,75 persen.

DATA YANG TERKAIT:  KLIK>>>PEMERINTAHAN<<<KLIK

Daftar Tabel Publikasi Karangasem Dalam Angka 2011 <<< KLIK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar